Fakta Cache Smartphone yang Perlu Kamu Ketahui


Bagi para pengguna smartphone, istilah cache tidak asing lagi telinga anda. tetapi bagi yang belum tahu, cache yaitu sebuah memori atau penyimpanan sementara yang bertujuan mempercepat akses ke berbagai aplikasi bahkan situs web yang sering anda diakses pada smartphone.
sesimpelini, cache dapat berfungsi mempercepat loading pada aplikasi bahkan situs web. dilain sisi, cache memiliki dampak buruk yaitu dapat memnyebabkan memori internal anda cepat penuh. Semakin gede ukuran aplikasi, semakin gede pula penyimpanan yang berkurang akibat cache.
jadi tidak heran ketika kapasitas memori anda semakin berkurang, sebagian para pengguna  mencoba menghapus cache. tetapi ada efek samping dari tindakan tersebut.
Nah apabila kalian bingung ingin menghapus cache atau tidak, ada beberapa hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan.

1. Efek baik dalam menghapus cache
terdapat efek baik menghapus cache yaitu akan membuat smartphone terasa lebih ringan. Hal ini berhubungan dengan kepasitas memori internal. saat cache dihapus, maka ruang dalam memori internal akan bertambah dan akan membuat smartphone anda terasa lebih nyaman digunakan.
dan juga, aplikasi yang biasanya terdapat troubel seperti macet atau lag, juga dapat kembali berjalan dengan lebih baik.
Tidak jarang para pengguna malas melakukan penghapusan cache dikarenakan takut akan hal data yang tersimpan dapat terhapus dan hilang. Jika Anda yakni salah satunya, kenyataannya tidak ada yang perlu dikhawatirkan.
Cache itu hanyalah kotoran atau sampah, sehingga Anda tidak perlu kawatir kehilangan data apa pun setelah melakukan penghapusan chace.

2. Efek"buruk" melakukan penghapusan cache
Walau secara luas menghapus cache tidak berdampak buruk bagi android anda, tapi ada efek lain yang barangkali tidak disukai semua orang. Pasalnya ketika cache anda dihapus, loading pada aplikasi akan lebih lama dari sebelum di hapus cache.
Hal tersebut sebenarnya lumrah tidak perlu dikhawatirkan karena sifatnya hanya temporer atau sementra. tetapi memang sedikit menyebalkan jika kita harus menunggu lebih lama dari biasanya.
Efek lainnya yaitu baterai akan cepat berkurang setelah melakukan penghappusan cache. Hal ini karena sistem harus memuat ulang dari awal, sehingga memerlukan tenaga lebih tinggi daripada menyalakan ulang ataupun mengakses memori yang telah tersimpan. Itu sebabnya baterai terasa lebih banyak terkuras setelah melakukan penghapusan cache.

Related : Fakta Cache Smartphone yang Perlu Kamu Ketahui

2 Komentar untuk "Fakta Cache Smartphone yang Perlu Kamu Ketahui"

Berati punya keuntungan dan kekurangan masing-masing ya dari cache itu sendiri