Daftar Versi Android dari awal sampai sekarang

Smartphone tidak lepas dari 2 system operasi yaitu Android dan IOS apa bedannya? kalo IOS buatan apple dan Android buatan google. terus apa itu android? android adalah suatu sistem operasi atau OS yang menggunakan basis kernel linux. nah android sendiri adalah besutan dari google dan android sendiri di buat secara terbuka untuk semua vendor yang mau bekerja sama sedangkan IOS hanya di kususkan untuk product apple saja atau bisa di bilang eksklusif untuk iphone.


Android pertama kali muncul yaitu menggunakan versi v.1.0 dan di berikan pada smartphone HTC dream. dan sampe sekarang android sudah mencapai versi ke v.8 atau Oreo nah maka dari itu androidid.tech ingin memberikan sedikit informasi untuk pengetahuan teman teman tentang daftar versi android dari masa ke masa secara lengkap singkat dan jelas.

berikut informasi daftar versi android lengkap dari masa ke masa:

  • Android v1.0 Astro (Alpha)
saat pertama merilis android google belum ada pikiran memberi nama dengan nama nama makanan dan menamai android pertamanya yaitu astro dan karena hak cipta android astor tidak jadi di gunakan perangkat htc dream dengan android astro yang di jual secara komersial.

  • Android v1.1 Bender (Beta)
versi android ini di rilis pada 9 februari 2009 dan di sematkan untuk htc dream, dan sitem operasi android bender ini juga di kenal "petit four". dan di versi yang ini android memperbaiki beberapa bug dan menambah beberapa fitur.

  • Android v1.5 Cupcake
android cupcake rilis pada 27 april 2009 saat rilis android ini menggunakan kernel linux 2.6.27. dan android versi ini rilis pertama kali dengan nama nama makanan manis dan di gunakan untuk versi selanjunta. tentu saja android ini di tambah dengan beberapa fitur dari sebelumnnya dan perubahan.

  • Android v1.6 Donut
Android donut rilis pada 15 september 2009 saat rilis android donut menggunakan kernel linux 2.6.29 di versi ini adalah untuk menutup bug pada system android sebelummnnya dan android donut di tembah beberapa fitur untuk mendukung layar yang menggunakan lebih besar.
  • Android v2 Eclair
system android setelah donut yaitu android eclair yang rilis pada 26 oktober 2009, versi ini rilis dengan kernel linux 2.6.29 dan tujuannya untuk memperbaiki beberapa bug dan penambahan beberap fitur Bluetooth, flash pada kamera, fitur digital zoom pada kamera, multi-touch, live wallpaper, dan lainnya.
  • Android v2.2 Froyo (2.2–2.2.3)
Sytem android froyo ini rilis pada 20 mei dengan basis kernel linux 2.6.32 dan froyo sendiri memiliki singkatan yaitu frozen yougurt. dan saat itu android mulai di lirik walau masih kalah populer dari symbian dan windows mobile.
  • Android v2.3 Gingerbread (2.3–2.3.2)
android ini rilis pada 6 desember 2010 dan android gingerbread menggunakan kernel linux 2.6.35. versi ini mengawali kesuksesan di dunia smartphone walau masih tetap kalah dari blackbarry os.
  • Android v3.3 Honeycomb (3.0, 3.1, 3.2, 3.2.1, 3.2.2, 3.2.3, 3.2.4, 3.2.5, 3.2.6)
android honeycomb ini di rilis pada 22 februari 2011 dan android ini dirilis dengan kernel linux 2.6.36. android ini di tujukan untuk komputer tablet yang sedang populer saat itu di karenakan samsung dan apple ipad.
  • Android v4.0 Ice Cream Sandwich ( 4.0, 4.0.1, 4.0.2, 4.0.3, 4.0.4)
Android ini dirilis pada 19 oktober 2011 menggunakan kernel linux 3.0.1. android ini biasanya di singkat ICS dan system android ini sudah di optimalkan dan disempurnakan untuk perangkat smartphone atau tablet.
  • Android v4.1 Jelly Bean (4.1, 4.1.1, 4.1.2, 4.2, 4.2.1, 4.2.2, 4.3, 4.3.1)
android jelly bean ini rilis pada bulan juni 2012 dengan menggunakan kernel 3.0.31 dan berbagai pembaharuan untuk mempermudah tampilan antar muka.
  • Android v4.4 kitkat (4.4, 4.4.1, 4.4.2, 4.4.3, 4.4.4)
android kitkat ini rilis pada 3 september 2013 dan nama kitkat sudah di beri izin oleh netsle dan hershey. android ini versi yang cerdas, sederhana dan sebuah design yang halus dan tingkatkan dari sebelumnnya.
  • Android v4.5 Lollipop (5.0, 5.0.1, 5.0.2, 5.1, 5.1.1)
android lollipop rilis pada 14 oktober 2014 android ini memiliki design responsive, antarmuka di design ulang dengan konsep material design. dan sudah mendukung 64 bit dimana sudah dapat mendukung smartphone menggunakan ram di atas 3GB dan berbagai fitur lainnya
  • Android v5.2 Marshmallow (6.0, 6.0.1)
android ini resmi rilis pada bulan september 2015. Android Marshmallow bertujuan utama pada bagian peningkatan user experient secara keseluruhan dari android Lollipop, dan memperkenalkan arsitektur baru, dan bantuan kontekstual, sistem manajemen daya dengan mengurangi aktivitas latar belakang ketika perangkat tidak secara fisik dipergunakan, dukungan asli buat sosialisasi sidik jari serta usb, kemampuan untuk bermigrasi data serta aplikasi ke kartu microsd dan  menggunakannya menjadi penyimpanan utama, dan  perubahan internal lainnya.
  • Android v7.0  Nougat 
dirilis pada bulan juli 2016 Versi android termutakhir yang baru diperkenalkan di ajang kumpul developer google i/o, pertengahan 2016 ini. Beberapa lama   setelahnya, google menghadirkan nougat secara resmi buat publik.
Pembaruan paling mendasar pada versi nougat artinya kehadiran google assistant yg menggantikan google now. Asisten digital tersebut lebih mampu diandalkan buat menjalankan pelbagai fungsi.

Fitur-fitur baru lainnya mencakup layar split-screen ketika dipakai multitasking, dan  fitur doze yg telah dikenalkan pada versi android marshmallow tetapi sudah ditingkatkan. Android nougat juga mempunyai dukungan terhadap platform impian reality terbaru google.

  • Android v8.0 Oreo
android oreo sendiri di riliss belum lama ini yaitu bulan agustus 2017 di android ini ada tambahan fitur yaitu sebagai berikut:
-Apl Pengaturan yang didesain ulang
-Saluran pemberitahuan
-Dukungan gambar-dalam-gambar
-Unicode 10.0 emoji
-Mendesain ulang nota pemberitahuan
-Layar kunci didesain ulang
-Ikon adaptif
-Titik pemberitahuan
-Dukungan codec Sony LDAC
-Sumber tidak dikenal khusus aplikasi
-Gamut warna yang lebih luas untuk aplikasi

readmore: daftar smartphone yang mendapat update android oreo

nah di atas sedikit informasi tentang daftar versi android dari masa ke masa yang di rangkum dari berbagai sumber. sekirannya bermanfaat silahkan di share jika ada salah silahkan kritik dan saran taruh di kolom komentar.


Related : Daftar Versi Android dari awal sampai sekarang

1 Komentar untuk "Daftar Versi Android dari awal sampai sekarang"

Nanti kelanjutannya apaan ya gan, sneakers kali hihi